Senin, 22 November 2010

Penyakit Hati

Setelah saya membaca dan memahami buku yang berjudul " MENGOBATI PENYAKIT HATI " karya Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali yang lebih terkenal dengan nama "Al-Ghazali" saya merasa perlu membagi isi dari cerita pada buku tersebut. Buku ini diterjemahkan oleh Muhammad Al-Baqir yang diterbitkan leh Penerbit Karisma, Jln. Dipati Ukur228, Bandung.

Buku ini tentu berisi tentang pengarahan kepada akhlak-akhlak yang mulia tentu dalam pandangan islam. Tak dipungkiri lagi di dalam buku ini banyak tertulis hadist-hadist serta ayat suci Al-Quran yang memanggang menggambarkan pada topiknya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menyaksikan betapa besarnya perhatian yang dicurahkan oleh para ahli kesehatan, demi menemukan cara-cara paling efektif guna menangulangi berbegai penyakit hati yang timbul dalam tubuh manusia. Padahal, ia hanya membayangkan kehidupan jasad yang sementara, di alam dunia yang fana ini.

Sedangkan penyakit-penyakit yang bersemayam dalam kalbu manusia, akan menyengsarakan jiwanya, tidak hanya terbatas di alam dunia, tetapi akan terus berlanjut secara langgeng dan abadi, di dalam akhirat yang baka. Maka sudah selayaknya apabila lebih besar lagi perhatian dicurahkan lagi guna menanggulangi segera.

Penyakit hati tersebut seperti dengki, iri, sombong, syirik, dan lain-lain.
 
Mempercayai bahwa tindakan melawan hawa nafsu adalah jalan menuju Allah SWT, sedangkan ia tidak mampu mengetahui alasannya maupun rahasia yang tersembunyi dibalik itu, maka ia tergolong orang_orang yang beriman. Ttapi apabila ia mampu mengetahui apa yang tel;ah kami ungkapkan tentang penyakit-penyakit hati yang ditimbulkan oleh syahwat hawa nafsu, maka ia termaksud orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan.

Bagaimanapun juga, kepada masing-masing dari dua kelompok itu, Allah SWT telan menjanjikan kebaikan dari-NYA.

Begitulah sekelumit dari buku ini. Scepatnya saya akan melanjutkan menulis artikel ini.
Dan semoga uraian saya dari buku ini dapat memberi pencerahan untuk anda semua yang membacanya.

3 komentar:

  1. bagus banget artikelnya
    apalagi tentang religi

    BalasHapus
  2. terima kasih..
    tapi itu belum selesai, secepatnya saya akan meneruskan..
    tunggu hya...

    BalasHapus
  3. sudah...
    semoga dapat bermanfaat
    :)

    BalasHapus