Minggu, 21 November 2010

Perbandingan Harga Kopi


Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi.
Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.
Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.
Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kankerdiabetesbatu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).
Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari banyak orang. Dari setiap tiga orang di dunia, salah satunya adalah peminum kopi. Kopi memang sungguh nikmat jika diminum baik pagi hari, atau saat malam hari ketika pekerjaan menumpuk. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling dinikmati banyak orang, yang tidak sekadar diteguk saja, namun juga dinikmati. Bisnis kopi pun telah menjadi bisnis puluhan milyar dolar, yang hanya mampu disaingi oleh bisnis minyak bumi.

Berdasarkan survei yang telah saya lakukan, dari kopi di warung, di caffe dan di kedai kopi ternama telah mendapatkan hasil survei yang berbeda, dari segi harga, rasa, dan tempatnya.
penjabaranya sebagai berikut.

Kopi di warung
Kopi sungguh sudah sangat merakyat. Kini, kopi pun sudah ada dalam bentuk instant. Kopi dalam bentuk instant tersebut banyak kita jumpai di warung-warung. Harga kopi instant yang belum jadi berkisar Rp 1.000, 00, sedangkat kopi instant yang sudah jadi seharga Rp 1.500,00.



Kopi di caffe











Kopi di caffe biasanya sering di konsumsi oleh anak-anak muda. Karena tempatnya lebih menarik dan nyaman untuk berkumpul para anak muda. Dari segi harga, harga kopi dibandrol sekitar Rp 5.000,00 sampai Rp 10.000,00 tergantung jenis kopi yang tersedia.


Kopi di kedai kopi yang sudah ternama
 


Kedai kopi yang yang sudah ternama salah satunya adalah J.CO. Biasanya dikunjungi oleh kalangan yang mapan karena 1 cangkir kopi dihargai berkisar Rp 10.000,00sampai Rp 20.000,00. 





 
Jadi, dari hasil survei yang saya lakukan dapat disimpulkan bahwa harga disetiap tempat minum kopi berbeda-beda. Dan rasanya pun bervariasi.

3 komentar:

  1. iiihh...
    .
    .coffe nya enaaakk....
    .
    artikelnya pun juga bagus....

    BalasHapus
  2. kopi nya ada di tempat yang jual donx....

    terima kasih pujian nya fadila ...
    :)

    BalasHapus